Oleh: tbidris | September 14, 2008

Lampung Timur antara “Percaya dan tidak percaya”

Dalam rentang waktu lima bulan, aparat kepolisian Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) telah mengirimkan 14 jenazah tersangka berbagai kasus kejahatan asal Kecamatan Jabung Lampung Timur. Kapolres Lamtim AKBP Dedi Jumadi Sumarsito, didampingi Kasatreskrim AKP Sugianto dan Kapolsek Jabung AKP Marwan Kholid, Senin (4-8), mengatakan para tersangka yang sebagian juga pernah beraksi di Lampung Timur itu ditembak karena melawan atau mencoba kabur saat akan ditangkap. Kasus kejahatan mereka, antara lain perampasan dan pencurian sepeda motor, serta perampokan bank. Selain Jabung, peti mati berisi mayat pelaku kejahatan juga dikirimkan ke Kecamatan Melinting. Selama lima bulan terakhir, polsek setempat menerima kiriman dua mayat pelaku kejahatan, masing-masing dari Poltabes Bandar Lampung dan Polres Lampung Selatan (Harian Umum Lampung Post. Selasa, 5 Agustus 2008)

Saya rasa akan timbul pertanyaan yang luar biasa dan sangat mendasar, tentang apa yang sebenarnya terjadi di Lampung Timur, sampai begitu parahkah kondisi perekonomian masyarakat sampai harus menjadi pelaku kejahatan dan beraksi di luar Lampung ?

Kalau pernah tinggal di Bandar Lampung atau di Lampung, tentunya tidak akan kaget dengan berita kriminlitas di Koran lokal bahwa mayoritas pembegal motor dan perampokan sadis yang terjadi di Lampung berasal dari Kabupaten ini, dan yang menarik para pelakunya adalah remaja tanggung berumur 15-30 tahunan.

Kabupaten Lampung Timur merupakan hasil otonomi daerah pasca reformasi 1998, kabupaten ini merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Tengah dan diresmikan pada 20 April 1999. Dengan kata lain sudah 9 tahun kabupaten ini berdiri.

secara geografis berada di pesisir timur dari Provinsi Lampung. Kabupaten Lampung Timur beribu kota di Sukadana, luas wilayahnya 433.789 Ha terdiri dari 24 (dua puluh empat) kecamatan dan 246 desa (Lampung dalam angka 2007), kabupaten ini merupakan sentra produksi jagung, dengan Kontribusi rata-rata produksi 371.455 ton/tahun ini setara dengan 30,75% total produksi Lampung yang mencapai rata-rata mencapai 1.163.947 ton/tahun

akses masuk ke Lampung Timur saat ini sudah banyak mengalami perbaikan dan peningkatan, terutama  melalui jalan trans timur. Jalanya luar bisa bagus dengan aspal dan lebar jalan yang memadai, rasanya menginjak gas sampai 100 km/jam pun kita tak akan kesulitan, mengapa karena dengan kualitas jalan yang begitu mulus dan kondisi jalan yang lenggang, nyaris jarang berpapasan dengan kendaraan lain dalam radius dekat

Kabupaten ini mempunyai pelabuhan penangkapan ikan yang cukup besar dan berada dikecamatan Labuan meringgai, dari sebaranya kabupaten ini mempunyai potensi yang luar bisa mengingat dengan jumlah penduduk 929.159 jiwa (lampung dalam angka 2007) dan jumlah luas wilayah 433.789 Ha areal Ha, memiliki potensin pertanian yang besar terbukti total 99.566 ha dan merupakan areal pertanian yang Produktif

Dari 24 kecamatan yang ada, tulisan ini akan memfokuskan pada 4 kecamatan yang unik dari sudut pandang kriminolg, mengapa karna kempat kecamatan ini yakni Kecamatan Melinting, Gunung Pelindung, Labuhan Maringgai, Jabung merupakan eksportir utama dari para pelaku kejahatan terutama perampokan dan curanmor di wilayah Lampung dan Jawa.

Menarik… untuk dikaji fenomena ekspor pelaku kejahatan dari Kabupaten Lampung Timur. Hal ini penting karena nampaknya profesi kejahatan sudah menjadi semacam budaya tersendiri dan sudah mendapat “izin” dari masyarakat. Apa tidak ada pekerjaan lain di kampung yang bisa mereka kerjakan sampai pilihan sadar memilih menjadi “penjahat” menjadi opsi terakhir.

Hasil pengamatan penulis pada pertengahan Juli 2008 mengunjungi daerah ini, melihat kondisi masyarakat sebetulnya sangat majemuk dan normal seperti desa lainnya di Provinsi Lampung, hal ini terlihat dari pembauran antara masyarakat pendatang dan asli yang semuanya menggunakan bahasa lampung sebagai pengantar berbahasa sehari-hari.

Dua kali penulis mengunjungi Lampung Timur dalam rangka mencari pemuda pelopor desa yang akan dilatih di Tanjung karang. Hasil wawancara dengan salah seorang peserta yang berasal dari melinting mebeberkan fakta baru bahwa dalam satu tahun terakhir, aparat keamana yang masuk untuk mencari tersangka di melinting sudah sangat sering dan umumnya datang dengan kekuatan penuh, yakni dua mobil atau minimal 15 orang.

Pada awalnya aparat datang di siang hari, tapi kemudian lebih sering datang dini hari menjelang subuh, ini dimaksudkan untuk menghindari perlawanan masyarakat yang bergotong royong menjaga warganya yang hendak di “ciduk” oleh aparat

sambil berseloroh Dia mengilustrasikan bahwa seringkali subuh dini hari kentongan dipukul dan warga berteriak kalau ada polisi…. Mereka umumnya berteriak dan kompak untuk memberitahu warga lainnya bahwa ada polisi yang datang. Kemudian teriakan itu disusul oleh bunyi rentetan senapan yang mebelah keheningan malam. Umumnya aparat kepolisian gabungan (polda lampung dan Polda di jawa) kembali dengan tangan hampa, karena begitu kompaknya warga dalam bergotong royong membela di terdakwa.

Bagaimana dengan kehidupan beragama, dia bercerita kalau diwaktu sholat terutama waktu magrib dan Isya masjid umumnya penuh oleh warga yang berjamaah. Disini dapat kita kesimpulan awal bahwa pendidikan agama sudah sampai dan warga mayoritas memeluk agama Islam

Dia bercerita kalau umumnya masyarakat di daerahnya mayoritas bersuku Lampung, umumnya bermata pencaharian bercocok tanam dan berkebun, kalau menjadi peternak dia bercerita aga susah karena ternak yang dimiliki jarang bertahan lama karena tingginya tingkat pencurian oleh diantara masyarakat sendiri.

Antara percaya dan tidak, tapi itulah realitas yang terjadi di daerah Kabupaten Lampung timur dimana mayoritas beragama muslim dan masjid atau surai tetap penuh di waktu adzan berkumandang, tapi dari sana lah asal para pembajak dan para begal.yang relatif sadis dalam setiap aksinya.

Sungguh miris bila kita bayangkan, ketika kejahatan sudah menjadi hal yang di maklumi dan bahkan di izinkan .dari tulisan ini dapat di ambil beberapa kesimpulan awal bahwa memang telah terjadi pergesaran paradigma di masyarakat yang memaklumi kejahatan menjadi sesuatu yang wajar dan semuanya kembali lagi-lagi bersumber dari upaya pemenuhan kebutuhan hidup.

About these ads

Responses

  1. saya penduduk desa jabung, tidak setuju dengan tulisan saudara bahwa masyarakat kami di jabung membela pelaku kejahatan. Sepertinya anda perlu kesana…!
    Memang ada sebagian pemuda yang berprofesi yang anda sebutkan, tetapi tidak pernah ada masyarakat yang membela kejahatan dengan membunyikan kentongan, melepaskan tembakan… untuk membela perampok … anda mengada-ada…
    Masyarakat jabung adalah masy yang tebuka, dan mau menerima pendatang, sehingga saat ini penduduk di kecamatan jabung 60% adalah suku jawa, 20% suku lampung sisanya bali dll.
    Pelaku kejahatan tidak terpusat pada satu desa/kampung, tetapi menyebar pada beberapa desa.
    Untuk menciduk pelaku kejahatan, aparat perlu pendekatan kepada tokoh-tokoh masyarakat/adat, tidak dengan menakuti masyarakat yang tidak berdosa…

    • btul bro………..
      sya orang jbung juga

    • alah emang jabung desa biadab, anjing tdk punya moral,

    • halah emang bener faktanya seperi itu jngan pake rasa keberatan emang sarang maling , orang-orang sadis tempatnya di sana

  2. memang benar apa yang ditulisan diatas, tapi semua itu merupakan tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat yang ikut secara langsung maupun tidak langsung membentuk kondisi itu.
    hal itu lah yang menjadi PR besar bagi pemerintah khususnya bagaimana mencari solusi biar perekonomian masyarakat bangkit..misal dengan membentuk lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

    • Pekerjaan banyak bro.. Asal kita mau tekun dan ulet semua bisa dijalanin..
      Ane juga korban perampokan menggunakan senpi.. Ane setiap baca kriminal kawanan lampung sama indramayu paling sering..
      Ane bingung.. Apa si yang diajarin orang tua mereka???
      Itu sudah niatan untuk jadi rampok.. Karena mereka mempersenjatai diri dengan senpi dan senjata tajam..
      Kalau orang terpaksa merampok engga mungkin sampe segitunya dan sadis dalam membunuh korban apalagi berkelompok..
      Mereka ini cuma orang” malas yang pengen dapet uang banyak dengan singkat!!
      Saya cuma bingung.. Apa yang diajarin orang tua mereka sampai sesadis dan sehina itu mencari uang????
      Mereka itu cuma sampah masyarakat yang hanya bisa meresahkan orang dan membuat orang kehilangan anggota keluarga dan harta benda.. Dan seharusnya dimatiikan!!
      Mereka tidak pantas hidup!! Tangan mereka halal buat ditebas!!

  3. Jangan gitu dUnk, tidak semua warga jabung seburuk dengan yang anda lihat. Walau tingkat kriminalitas desa jabung tertinggi diwilayah lampung masih ada warga jabung yang dapat membangun desa jabung tuk merubah keadaan desa jabung sendiri,,,,, Cayyyo jabung

    • BETUL GAN

  4. memang benar semua komentar yg dibrikan untuk artikel di atas.. saya jg sempat mengcopy artikel diatas untuk saya jadikan kumpulan CATATAN KEJAHATAN WILAYAH JABUNG…
    saya MENGUSULKAN buat warren buffett membuat buku yg berjudul “KEJAHATAN JABUNG” agar semua orang tau betapa kacaunya daerah jabung…

    saya adalah korban dari kejahatan yg terjadi di jabung, padahal wktu kejadian itu ada aparat penegak hukum yg melihat kejadian itu. namun aparat hukum itu kayak “KAMBING CONGEAN”

    • LO NGOMONG JANGAN SE’ENAKNYA GUA ORANG JABUNG ASLI

    • tidak semua orang jbung itu kriminal,masih ada oarng jabung yang baik,dan bukan jabung saja yang ada kriminal’y tapi di desa lain jg ada,dan tidak seharus’y anda menilai orang jabung jahat semua

    • ngacuk nuk mu.,ibek mak mu.,gat jugo niku keno bigal.

  5. saiful anwar,, mati aj lo, gue warga abung

  6. saya tidak setuju kalau lampung itu di jadikan perhatian pusat kejahatan, memang benar bahwa banyak kriminalitas terjadi di daerah jabung lampung timur, tp tidak mayoritas penduduk di sana senang melakukan kejahatan apalagi sampai membela sang terdakwa, memang ada pihak tertentu yang membela terdakwa mugkin dari kerabat atau pihak keluarga tapi tidak semuanya seperti itu, sebenernya warga jabung pun mengiginkan terwujudnya kedamaian dan keamanan, serta ditegakan hukum, kalau jabung lampung timur dapat terwujudnya hal tersebut maka sangat baik untuk kemajuan kota itu apalagi di dukung oleh sumber daya alam yang sangat potensi, seperti banyaknya pertanian dan perkebunan yang didukung dengan tanah yang subur. kalo bukan dimulai dari warga lokal siyapa lagi, mari kita sama-sama membangun hal tersebut.

  7. saya asli jabung,,,
    polisi di daerah jabung hanya buat hiasan apalagi di polsek jabung,,,kayak BENCONG SEMUA,,,,wasalam

  8. ya gitulah jabung texas lampung…yg punya timur,,

  9. hidup jabung…..
    makin tinggi buat yg punya jabung..
    met bersukaria dengan keada’an disana….

  10. yg salah pemerintah ny, klo bnyk lapangan pkrjaan, minimal pikiran org utk brbwt kriminal tersisihkan, tdk ada satu org pun yg bercita cita jdi perampok

  11. yg salah pemerintah, klo seandai ny bnyk lapangan pekerjaan, minimal arah pikiran seseorang utk berbuat kriminal tersisihkan, tdk ada satu org pun yg bercita cita mnjadi perampok

  12. Banyak yang benar pada isi tulisan itu, tetapi Ada beberapa tulisan itu yang sedikit mengada-ada, coba anda (admin) langung berkunjung ke kec.jabung lampung timur. tdk ada satupun masyarakat yg menutup-nutupi kebobrokan keamaan kec.jabung. jika pun ada yg menutupi kemungkinan memang ada rasa takut dari ancaman para pelaku kriminal. dan perlu anda ketahui bahwa masyarakat area kec.jabung lebih memilih melapor pada para preman ketika terjadi pencurian/curas. mayoritas masyarakat krisis kepercayaan dgn aparat keamanan. yg sering kali terjadi ketika salah satu masyarakat tertimpa musibah kehilangan/kebegal/kerampok, jika melapor polisi justru akan menambah beban yaitu dipungut beaya uang bensin,rokok dll disamping itu hasil kerja nihil. ibarat jatuh ke injak-injak.

    tetapi jika melapor kepada anggota penjahat, justru brg yg hilang bisa ketemu walopun menebus sejumlah uang sesuai kesepakatan. daerah lain keamanan dikuasai penuh oleh peneguk hukum, tetapi di jabung keamanan dikuasai penuh oleh bajingan. “maaf tulisan saya kasar karna emosi jika teringat kampung kelahiranku tak kunjung aman”

    entah sampai kpn hal ini bisa berakhir, semua warga jabung menginginkan keamanan dan hidup damai tetapi ….entah sampai kapan hal ini bisa berakhir.

    untuk para teman sewarga kec.jabung mari kita menyampaikan kritik di situs http://www.polreslampungtimur.com/index.php?option=com_phocaguestbook&view=phocaguestbook&id=1

    jika tidak ada tanggapan kritik dilanjutkan ke http://www.polri.go.id

    • Kalau polisi tidak bertindak anda bisa laporkan ke propam..
      Karena saya pernah ditidak ditanggapi oleh polisi.. Saya langsung lapor propam.. Dan polisinya yang kena sidang..
      Anda kasih makan penjahat terorganisir begitu.. Dengan anda lapor preman dan anda bayar ke preman.. Preman membagi hasil dengan pemetik.. Sama aja bodooooong!!!
      Pantes mereka sampai jakarta dengan sadis.. Dikampungnya dikasih makan terus.. Merasa menikmati hasil yang lumayan..
      Mereka itu orang” pemalas.. Yang maunya uang banyak dengan singkat..
      Kalau anda ingin tenang dan tentram.. Tapi kelakuan warga disana ngasih makan penjahat..
      Gimana mau tentram kalau warganya seperti itu???
      Maling kok disimpan dikampung sendiri.. Istilahnya penyakit jelas” bisa disingkirin tapi malah dikembangbiakin.. Dan akhirnya menjadi komplotan besar.. Dan lari ke kota besar berharap mendapatkan hasil yang lebih besar lagi..
      Berarti kampung nya yang mengembang biakin sampaaah!!!!!

  13. Intinya orang jabung maling semua!! Dasar turunan maling tetep aja maling.

    • Jhon pantau ini provokator, ini orang nggak punya etika. Jangan-jangan dia ini begal yang mengaku dari lampung timur. Ciri-ciri maling teriak maling…..!!!
      Juga untuk bung idris kartawijaya, kalau nulis jangan tanggung-tanggung menyimpulkan sesuatu atas dasar opininya saja. Kalau tidak punya data yang akurat ya.. namanya masih issue……. Kalau ada data, coba saudara bandingkan persentase kejahatan di DKI atau paling tidak kabupaten/kota lain di lampung dengan kejahatan yang terjadi di Lampung Timur. Tindak kejahatan ada dimana-mana di dunia ini bung….
      Issue ini sepertinya cukup menarik bagi aparat keamanan dan politikus, terbukti sudah menjadi komoditas politik bagi politikus lokal dan juga aparat keamanan yang ditugaskan di wilayah ini sepertinya cukup ‘betah’…….!!!

      • Politik disamain sama garong???
        Ga usah lebay bro..
        Engga ada hubunganya politik sama maling keparat!!!
        Emang kenyatanya dikawasan lampung timur kebanyakan maling semua..
        Masa iya untuk nama daerah stasiun tv koran pake asal sebut???
        Dan pak bambang mengakui disana kebanyakan ngasih makan preman dan maling!!!
        Yang dikirim tu komoditi bukanya maling yang dikirim.. Sampai disini maen tebas, maen tembak, maen rampas, dan main menghilangkan nyawa orang..
        Apa disana kebanyakan orang pemalas??? Yang maunya uang banyak dengan cara singkat..
        Jangan ciptakan para sampah dan dikirim ke orang yang tidak bersalah..

    • yang bener cui berbicara,mulut mu harimau mu
      gw sebagai orang jabung tidak enak mendengar komentar lo

    • eh.,loe gak usah sok tau tentang jabung.,coba loe masuk dulu didesa nya .,baru loe tau gimana keadaan disana
      jangan beraninya ngomong di sini aja .,kalo loe emang gak suka suruh warga loe ngeroyok warga jabung.,ibaek mak mu .,ngacuk mak mu.,perot apak mu.,.,

      • Sama maling aja takut suruh warga indonesia bakar tu kampung yang kirim maling keseluruh indonesia????
        Kalau memang orang jabung tidak bisa terima.. Dibenahi donk daerahnya!!! Anda semua mengakui kalau segelintir orang menjadi garong.. Tapi anda tidak bisa terima??? Ini warga jabung maunya apa ya?? Tau kawasanya banyak sampah hina!! Tapi engga diterima kaalau kawasanya ada sampah masyarakat..
        Jangan ngomong aja kalau warga jabung bukan kebanyakan sampah.. Dibuktiin dengan nihilnya warga jabung yang jadi sampah!!!

    • kalo digeneralisir bhw org jabung maling semua, anda 100% salah.. sy orang Jabung asli, sy kerja di Pemkot Bandung dan Insya Allah sy ga maling di tempat kerja sy…

  14. PENGAHASUT…..

  15. blog provokator………..

  16. saya orang asli dari Jabung.. perlu sy jelaskan bahwa harus dibedakan antara Kecamatan Jabung dg orang Jabung.. kalo kecamatan jabung disana ada juga desa2 etnis selain org asli lampung.. seperti Pematang Tahalo, Gunug Mekar, Adirejo dll.. sedangkan yg dimaksud dg orang jabung asli adalah 3 desa yaitu desa Jabung, Negara Batin dan desa Negara Saka.. say tidak memungkiri kalo orang jabung banyak terlibat kejahatan tetapi cuma segelintir orang..

  17. aku pernah ke jabung sebagai petugas tower untuk menangani imbas petir orang sana itu ruwet minta ampun semuanya ujung-ujungnya duit

  18. begitulah manusia,tdk hanya di lam tim,saja,bahkan di seluruh pelosok negri kt,kejadian2 sprti diatas bukan lah sbuah rahasia..hidup tergantung dari qodrat dan takdir nya..krna tdk akan brubah suatu kaum itu,jika dia tdk mrubah nya sendiri. .smg Allaah swt,yg rahman dan rahim membrikan petunjuk dan hidayah untk kt smua. .amien. .

  19. saya org jabung juga tapi kami bkn maling semua,
    dan merasa tersinggung dengan komentar2 yang sy baca tentang jabung karena sya tidak seperti itu, tolong jaga kata2 nya yg enak beri saran yg baik kan sedap untuk dibaca.
    Coba anda bandingkan kasus ranmor dgn cabul, pemerkosaan, bobol bank jual bayi dll, mana yang pling bnyak apa dari jabung semua, apa pelakunya orang jabung juga?
    Kenapa jabung terkenal dgn ranmor say tidak memungkiri kalo orang jabung banyak terlibat kejahatan tetapi cuma segelintir orang.. , sifat nya terang2an gak pengecut seperti kejahatan yg sy sebutkan tadi diatas, bukan pribumi saja pendatang juga ikut serta didalamnya bahkan dari luar pun mengatas nama kan jabung. saya tidak setuju kalau lampung itu di jadikan perhatian pusat kejahatan
    John pantau hati2 klo ngmong jgn pengecut
    Supriyanto karena otak mu kotor gak mikir dampak dari radiasi
    syaiful anwar sayang sy gak ketemu sama kamu, kacuk mak mu

    • Astaga.. Comentnya sendiri yang ngancurin daerah nya.. Maling terang”an udah gila namanya.. Kok pada idot.. Berarti mereka engga ada takutnya.. Dan berani main tebas!!!
      Kalian warga jabung enak ngomongnya.. Tapi liat nasib orang yang kena oleh warga ente..
      Ya jelas banyak orang luar yang masuk kesana.. Karena organisasinya sudah besar jadi banyak yang dari luar daerah masuk organisasi disana..
      Udah hal yang lumrah dikuping dan dimata orang banyak.. Dan sudah banyak yang tau dari warga jabung sampe orang luar..
      Sampah hina kok disimpan dan dibairkan didaerahnya.. Nanti makin besar dan makin liar.. Jadinya makin sadis..
      Itu pekerjaan hinaaa!! Cuma orang” sampah yang engga didik orang tua nya jadi binatang hina!!
      Leher para maling haalal buat ditebas.. Kalau perlu kalau ada maling tebas aja tanganya.. Biar cacat para maling.. Kalau wilayahnya paling banyak yang tanganya putus.. Emang itu warga nya melihara sampah masyarakat..
      Dan engga aakan berani lagi tu sampah masyarakat beraksi di wilayah orang.. Biar ngerampok wilayahnya aja sendiri.. Karena mereka yang udah melihara maling.. Dengan membiarkan sampah berkembang!!!

  20. Waktu itu ada teman saya orang Jakarta 3 orang sedang melakukan penelitian ke daerah jabung,lampung timur.mereka meneliti bagaimana karakter orang jabung itu.ternyata keadaan disana sangat jauh mengerikan dibanding Jakarta.masyarakat disana sangat primitif dan kompak bergotong royong membela kejahatan.dua teman saya ini korban pemerasan masyarakat jabung.mobil mereka dirampok rame2 sama warga desa jabung.trus yg cewek diperkosa.dan mirisnya yang melakukan kejahatan adalah masyarakat ramai jabung.sungguh mengerikan !

  21. sekarang agustus 2013 di daerah kecamatan jabung tambah parahh ..terutama begal,semoga polri dan TNI bertindak tegas menumpas kriminalitas khusus kecamatan jabung.

    aryo@ klu lu warga jakarta, ajak temen lu yg jadi korban lapor ke polri, jgn lapor ke polres lamptimur, apalagi polsek jabung.percumahhhh

  22. tulisan diatas banyak benar nya, sudah ada tim survei di TKP, sangat mencekam dan berbahaya, ini bentuk kejahatan yg sangat jarang ke ekspos media, padahal tingkat kriminalitas melebihi perang israel vs gaza. cepat ato lambat, begal permapok yg ada di kec jabung akan di hapus sampai ke akar-akarnya !!!!!

  23. yaudah sih brooo… jagan pada ribut… gak usah pada ke jabung loo… mau ngapain,, mending kepanjang aja ngentot hee

  24. hukum mati yg malin.
    jangan menyalahkan suku.

  25. daripda mnyalahkan suku.lbh bae dbkin hukum rimba.yg maling dmatiin z.darpd kalian mmbla dri kalian masing2.yg blm tntu bner.

  26. aku dulu tinggal di jabung ,sekarang aku tinggal di pekan baru semua tulisan diatas adalah benar,walaupun pemerintah ciptakan lapangan kerja tak akan merubah keadaan, investor pun taku ber inves kesana karena takut dijarah

  27. Jangan pemerintah yang disalahkan.. Memang mereka orang pemalas yang hanya mau uang banyak dengan singkat..
    Keliatan dari mereka mempersiapkan diri dengan senjata tajam dan api.. Dan mereka mempersiapkan diri dengan berkelompok dan terorganisir.. Banyak daerah yang miskin.. Tapi mereka tidak mau bekerja hina dan menjadi sampah masyarakat!!!!

  28. Desa sampah masyarakat yang hina.. Segelintir orang melebihi binatang..
    Jangan dibunuh pak..
    Potong aja tanganya.. Terus balikin kedesanya.. Biar jadi contoh.. Kalau perlu tanganya dipotong pake pisau karatan..
    Ane pengen banget nebas tangan maling dari sana..
    Karena halal menyiksa mereka seperti binatang..
    Masukin karung gebukin.. Terus potong tanganya..
    Udah ky berburu babiiii!!!
    Wkwkwkkwkwkwkwk

  29. HarusNya polisi bertindak tegas, kalau memang salah dan perlu diTangkap ya tangkap, kalau perlu minta bantuan TNI-AD lengkap dengan senjata, sehingga kalau para penjahat melakukan perlawanan tinggal tembak mati ditempat, dengan ketegasan seperti itu maka penjahat lain yang ingin melakukan kejahatan akan berpikir-pikir dan Indonesia sebagai Negara Hukum akan mendapat penghormatan Negara lain, begitu juga dengan aparat penegak hukumnya, .

  30. dsar idiot semua.. kalo warga jabung ga mau direndahkan ya jadiknlah daerahmu aman dr begal.. warga luar ya jangan ngocrot ikut2an provokasi tanpa dasar.. kalo ada faktanya ya baru silahkan congornya digede2in dah biar yg punya daerah kemaluannya tambah besar..kuping panas dan sampai mereka akhirnya mampu berbenah diri…polisi di sana juga jangan kaya bencong aja, bikin malu negara indonesia.. wilayah jabung aja ditakuti.. lakukan pendekatan persuasif.. penjahat dan warga yang melindungi penjahat ya tembak mati di tempat aja karena mreka dengan begitu adalah telah menjadikan diri mereka musuh negara. Polisi sudah tugasnya untuk melindungi masyarakat baik2 dimana para penjahat itu merongrong kesejahteraan warga indonesia.

  31. gw setuju semuanya brow…..dari data data kriminal kebanyakan dari lampung……apalagi di jakarta banyak maling motor,begal,perampokan..begitu mereka ketangkep asalnya dari lampung semua…….gimana nih negara gak aman….

  32. WAH…SEKAMPUNG BISA MASUK NERAKA..REUNIAN DEH..SIP2 LANJUTKAN PENUHI KANTONG DOSA MU..AGAR DI HARI AKHIR TIDAK MENDAPAT KESELAMATAN SEBIJI SAWI PUN.

  33. LAMPUNG=BIANG MALING …..!!!!!PEMALAS

    • Lampung lampung sik nuk mu malu-Maluin aj sih loe…….!!!!!!!
      Untung aj gue udh pindah kpndudukan ga ktp lampung lg .. fuck !!!!

  34. Tulisan di atas realitas yg ada di lampung pd umumnya dan lamtim pd khususnya.
    Ketika hal tsb di kemukan maka akan banyak sanggahan,penolakan dan itu sah sah saja.Memang benar tidak boleh mengeneralisir masyarakat jabung penjahat.

  35. inilah kehidupan yang penuh warna,semua tercipta berpasangan,ada baik dan ada buruk,manusia dengan akalnya kemudian memilih satu diantara dua pilihan,setiap pilihan ada konsekuensinya,setiap jalan ada akhir perjalanan nya,namun semua akan bermuara pada satu titik,yaitu kematian,yg jahat akan mati,yg baik pun akan mati,itulah kenapa hrs ada pengadilan tuhan pasca kematian,agar setiap perbuatan menuai balasan,mereka yg baik semoga sabar dan selamat,mereka yg jahat semoga cepat bertaubat,bila ada nyawa yg hilang,tuhan akan memberikan keadilan,,,

  36. Th 1993 Pernah mau ke jabung, tapi teman sekolah warga desa negara batin jabung memperingatkan supaya jngn kesana karena mereka sangat kriminal dan mengerikan, saya kira menembak mati para pelaku kriminal ini adalah tindakan yg tepat, berlakukan jam malam dan petrus, lalu bangun infrastuktur yg bagus serta pembinaan mental mereka yg sudah menyimpang jauh.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: